follower

Minggu, 22 Maret 2015

2. JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI

Pada Sumber: https://duniatugasasri.wordpress.com/2013/06/11/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi disebutkan beberapa jenis komunikasi, diantaranya:
  1. Komunikasi Intrapribadi :
    Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
  2. Komunikasi Antarpribadi :
    Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu,misalnya suami- istri, dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak- pihak yang berkomunikasi berada dalam jarakyang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerimapesan secara langsung dan simultan.
  3. Komunikasi Kelompok (Kecil) :
    Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.
  4. Komunikasi Publik :
    Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah: berlangsung lebih formal;menuntut persiapan pesan yang cermat, menuntut kemampuanmenghadapi sejumlah besar orang; komunikasi cenderung pasif; terjadi di tempat umum yang dihadiri sejumlah orang; merupakan peristiwayang direncanakan; dan ada orang-orang yang ditunjuk secara khususmelakukan fungsi-fungsi tertentu.
  5. Komunikasi Organisasi :
    Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.
  6. Komunikasi Massa :
    Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan- pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.
Dari jenis-jenis tadi penulis akan memberi beberapa pandangan penulis terhadap jenis komunikasi tersebut.


  1. Komunikasi Intrapribadi. Menurut penulis pribadi jenis komunikasi ini sering kita lakukan pada saat kita melakukan instropeksi terhadap diri kita sendiri.
  2. Komunikasi Antarpribadi. Secara pengertian tentu kita sudah mengetahui apa itu komunikasi Antarpribadi, ya tentu ini adalah jenis komunikasi yang sering kita lakukan sehari-hari.
  3. Komunikasi Kelompok(kecil). Seperti halnya komunikasi Antarpribadi, komunikasi kelompok ini juga menggunakan interaksi secara langsung hanya saja jumlah individu disini lebih dari dua dan mempunyai tujuan tertentu.
  4. Komunikasi Publik. Kita mungkin sering mendengar Public Speaking tapi apa itu? Ya tentu saja itu adalah kegiatan dimana saat seseorang berbicara didepan orang banyak. Ya kita bisa melihat arti dari komunikasi public itu apa pada penjelasan diatas tadi.
  5. Komunikasi Organisasi. Mungkin komunikasi ini mirip seperti komunikasi kelompok tapi komunikasi organisasi ini memiliki cakupan yang lebih luas dan terstruktur.
  6. Komunikasi Massa. Komunikasi massa ini adalah jenis komunikasi yang sedang berkembang dimasyarakat dewasa ini, komunikasi jenis ini bisa berupa iklan, ajakan, berita, dan masih banyak lainnya seperti yang biasa kita temui pada media sosial.

Proses komunikasi terjadi jika terdapat beberapa unsur berikut: pengirimnya (komunikator), apa yang dikatakan atau dikirimkan (pesan), saluran komunikasi apa yang digunakan (media), ditujukan untuk siapa (komunikan), dan apa akibat yang akan ditimbulkannya (efek).  Proses komunikasi merupakan proses dimana dua atau lebih individu sedang berinteraksi atau berdiskusi guna menentukan sebuah tujuan. Jika kita lihat pada sumber berikut kita bisa lihat bagan seperti


Itu merupakan bagan terjadinya proses komunikasi, yang dimana seorang individu mengirimkan pesan kepada individu lainnya sehingga terjadi komunikasi, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan kegiatan saling mengirimkan dan menerima pesan dari orang lain.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

lihat