Analisis Tingkat
Kepopuleran Website Dalam Penyebaran Informasi Dan Layanan Publik Pada PT.Lion
Air, PT. Garuda Indonesia dan PT.Sriwijaya
Sindy Nova
Abstract
Tujuan
penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai subdomain dan
fitur yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat dari tiga
website maskapai penerbangan di Indonesia yaitu PT Lion Air, PT Garuda
Indonesia dan PT Sriwijaya Air, dilihat dari respon pengguna. Langkah yang
dilakukan yaitu dengan melakukan Kajian Pustaka, Penentuan objek penelitian,
Eksplorasi dari objek penelitian, Analisis web menggunakan alat bantu
pemeringkatan web, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini:
Pemanfaatan Teknologi Informasi sudah dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh
tiga perusahaan maskapai penerbangan di terutama ditujukan untuk pemberian
informasi dan layanan pemesanan/pembelian tiket.. Alat bantu pemeringkatan web
seperti Alexa Rank dapat digunakan untuk menjadi alat ukur monitoring
keberhasilan dan keefektifan penyebaran informasi dan layanan publik bagi PT
Lion Air, PT Garuda Indonesia dan PT Sriwijaya Air.
fitur yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat dari tiga
website maskapai penerbangan di Indonesia yaitu PT Lion Air, PT Garuda
Indonesia dan PT Sriwijaya Air, dilihat dari respon pengguna. Langkah yang
dilakukan yaitu dengan melakukan Kajian Pustaka, Penentuan objek penelitian,
Eksplorasi dari objek penelitian, Analisis web menggunakan alat bantu
pemeringkatan web, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini:
Pemanfaatan Teknologi Informasi sudah dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh
tiga perusahaan maskapai penerbangan di terutama ditujukan untuk pemberian
informasi dan layanan pemesanan/pembelian tiket.. Alat bantu pemeringkatan web
seperti Alexa Rank dapat digunakan untuk menjadi alat ukur monitoring
keberhasilan dan keefektifan penyebaran informasi dan layanan publik bagi PT
Lion Air, PT Garuda Indonesia dan PT Sriwijaya Air.
Kata
kunci : Penyebaran informasi, Website, Pemeringkatan web
Kritik Jurnal
Judul : Analisis Tingkat Kepopuleran
Website Dalam Penyebaran Informasi Dan Layanan Publik Pada PT.Lion Air, PT.
Garuda Indonesia dan PT.Sriwijaya
Penulis : Sindy Nova
1. Jenis metode penelitian yang
digunakan sudah baik karena terurut dari pengkajian pustaka hingga penarikan
kesimpulan, sehingga penyampaian maksud dari penulis bisa tersampaikan dengan
jelas.
2. Permasalahan
1.
Permasalahan
yang dibahas hanyalah perbandingan banyaknya akses terhadap beberapa sampel
maskapai penerbangan, dan tidak memberikan penjelasan yang cukup mengenai
maksud dari pembandingan tersebut.
2.
Pada
penelitian tidak terdapat hipotesis dan rumusan masalah.
3.
Jurnal
terdapat landasan teori yang dikemukakan dari beberapa ahli pada bab Tinjauan
Pustaka sehingga menguatkan statemen penulis.
4.
Variabel
bebas dalam jurnal ini ada dua variabel bebas diantaranya variabel bebas
pertama adalah website, kemudian variabel bebas kedua adalah alexa rank. Hal
ini sudah tepat karena sudah sesuai dengan judul jurnal.
5.
Variabel
terikat dalam jurnal ini adalah PT Lion Air, PT Garuda Indonesia dan PT Sriwijaya
Air.
6.
Desain
Penelitian
1.Populasi dalam penelitian ini adalah semua website
dan blog yang ada pada dunia maya, sehingga tidak terhitung berapa jumlahnya.
2.Sampel pada penelitian ini adalah website dari PT
Lion Air, PT Garuda Indonesia dan PT Sriwijaya Air.
3.Dalam penelitian ini tidak ada informasi yang jelas
apakah penelitian masuk dalam penelitian replica atau bukan.
4.Prosedur
1.
Perlakuan
pengumpulan dalam penelitian ini sudah digambarkan secara jelas.
2.
Penggambaran
karakteristik pada sampel kurang jelas sehingga pembaca tidak mengetahui apa yang
membuat sebuah website maskapai penerbangan dapat dikunjungi lebih sering
dibanding website serupa.
3.
Pengukuran
1.
Alat
bukti realibilitas dalam penelitian ini adalah alexa rank, sehingga tingkat
realibilitasnya akurat.
2.
Alat
bukti validitas yang diberikan dalam penelitian ini tidak ada sehingga tinkat
validitasnya kurang akurat.
3.
Interpretasi
1.Kesimpulan dan hasil penelitian dalam jurnal ini
konsisten sehingga pembaca dapat memahaminya secara jelas.
Catatan
Kritik
ini ditujukan bukan untuk menjatuhkan atau merendahkan hasil penelitian
penulis, kritik ini dibuat hanya untuk memberi motivasi sehingga penulis dapat
membuat tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.
Saran
Dalam
pembuatan jurnal ilmiah terlebih dahulu cari permasalahan sehingga jurnal yang
kita buat bisa menjadi panutan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
0 komentar:
Posting Komentar